Kamis, 28 Maret 2013

Gastrulasi pada Katak

Gastrulasi adalah suatu proses yang dinamis, dimana berlangsung migrasi sel-selatau lapisan sel-sel secara terintegrasi yang dilakukan melalui berbagai macam gerakan-gerakan morfogenik. Seiring dengan berlangsungnya gastrulasi, juga berlangsung proses differensiasi (Adnan, 2009). Istilah gastrula berasal dari kata gastrum atau gaster yang berhubungan dengan pencernaan, karena pada tingkat ini terbentuk rongga yang kelak akan menjadi saluran pencernaan. Rongga pada gastrula disebut gastrocoel atau archenteron.



Amphibia memiliki tipe telur telolesital, yaitu yolk banyak terhimpun di kutub vegetatif. Pembelahan telur unequal, pembelahan terjadi secara menyeluruh dari kutub anima ke kutub vegetatif, tetapi blastomer yang dihasilkan tidak sama besar. Gastrulasi pada katak yang merupakan amphibia ditandai dengan terbentuknya sobekan yang disebut indentasi  di bawah bidang equator. Di sanalah terjadi proses invaginasi, sehingga terjadi migrasi lapisan sel ke bagian dalam.

Gambar 1: Indentasi pada blastula




Mula-mula sel mikromer dan makromer akan terus membelah. Tetapi sel mikromer lebih cepat membelah sehingga terjadilah gerakan epiboli.
Sel mikromer terus membelah lebih cepat dari makromer, akibat dari perbedaan kecepatan itulah, terjadi indentasi, yaitu perobekan pada daerah bulan sabit. Perobekan ini menyebabkan sel-sel mikromer bermigrasi konvergen, memusat ke dalam robekan tersebut. 

Gambar 2 : EpiboliIndentasi dan gerakan konvergen
Lalu sel-sel tersebut akanm elakukan gerakan melentik involusi dan invaginasi, arahnya membelok kearah dalam. Selanjutnya sel-sel akan bermigrasi divergen, menyebar sehingga mendesak yolk dan blastocoelnya pun menjadi kecil. 

Gambar 3: gerakan involusi, invaginasi dan divergen
Gambar 3: akhir proses gastrulasi

Fase akhir gastrulasi yaitu akan terbentuk rongga baru yang disebut gastrocoel atau archenteron. Rongga ini terbentuk dari mesoderm. sebagian mesoderm tersebut ada yang akan berkembang menjadi notocord. Karena yolk terdesak, sebagian dari yolk akan muncul keluar, evaginasi yolk plug. Selanjutnya akan berlanjut ketahap neurulasi.


Gambar 4: Yolk plug

Tahapan gastrulasi dapat juga dilihat di video ini

Sumber gambar
Gambar 1: http://25.media.tumblr.com/tumblr_mcdphpyigB1ru9s6po1_500.jpg
Gambar 2: http://25.media.tumblr.com/tumblr_mcdphpyigB1ru9s6po1_500.jpg
Gambar 3: http://25.media.tumblr.com/tumblr_mcdphpyigB1ru9s6po1_500.jpg
Gambar 4: Dokumentasi Pribadi Dra. Soesy Asiah Susilawaty, M.Si


Sumber Refrensi
Campbell A. Niel dan Jane B. Reece. 2008. Biology. Eight edition. Jakarta: Erlangga
Yatim, Wildan.1994. Reproduksi dan Embyologi. Bandung : Tarsito 
Adnan. 2009. Gastrulasi. [Online]. Tersedia di : http://www.scribd.com/doc/21126249/GASTRULASI. [23 Maret 2013]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar