Kamis, 28 Maret 2013

Fertilisasi pada Katak

Gambar 1 : katak sedang melakukan pembuahan

Ilustrasi diatas merupakan cara katak melakukan fertilisasi. Telah disinggung sebelumnya, bahwa katak melakukan fertilisasi secara eksternal. nah sebenernya apa fertilisasi itu?
Fertilisasi merupakan peleburan sperma dengan sel telur atau lebih dikenal juga dengan pembuahan. Fertilisasi terdiri dari fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

Fertilisasi eksternal banyak ditemui pada beberapa species dari kelas Pisces dan Amfibia (misalnya katak). Fertilisasi eksternal biasanya sel telur (ovum) dibentuk dalam jumlah besar/banyak, karena kemungkinan terjadinya fertilisasi lebih kecil dari pada pembuahan secara internal dan dapat pula terjadi karena hewan tersebut tidak memiliki alat kelamin luar. Fertilisasi eksternal memerlukan media air atau tempat yang basah.

Pada katak, saat akan melakukan fertilisasi, katak jantan akan menempel pada punggung betina sambil menekan perut betina dengan menggunakan kaki bagian depan dan merangsang pengeluaran telur kedalam air. Setiap telur yang dikeluarkan diseliputi oleh selaput telur (membran vitelin). Hal tersebut dikenal dengan amplexus. Bersamaan dengan itu, katak jantan akan mengeluarkan sperma untuk membuahi sel telur tersebut, sehingga terjadilah fertilisasi.

Gambar 2: Fertilisasi pada katak
Pada video di bawah ini, terlihat percobaan pembuahan pada ovum dan sperma katak yang dilakukan untuk mengamati proses fertilisasi yang terjadi


Sumber Gambar
Gambar 1:
http://yanuarefa.blogspot.com/2011/06/amfibi-part-3-bangsa-anurakodokkatak.html

Gambar 2: http://temanbelajar.net84.net/pengayaan/ipa/perkembangbiakan-hewan/


Sumber Referensi
Zaka, Akbar. Amphibia. [Online]. Tersedia : 2012. http://biologiglobal.blogspot.com/2012/04/amphibia.html. [27 Maret 2013]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar